Kamis, 26 Maret 2015

Pengantar Teknologi Informasi (TI)



 Walauapun istilah teknologi informasi atau inforamsi teknologi sudah sangat akrab di telingah kita namun 
kadang pengertian teknologi informasi masi sering di pertanyakan. Information Technlogy Association Of America (ITAA) memberi pengertian teknologi informasi sebagai, "studi, desain, pengembangan,implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, kusunya aplikasi pernagkat lunak dalam pernagkat keras komputer.


"Information Technologiy As "the study, design, development, imlemention, support or management of computer-based information systems, particularly software application and computer hardware (By ITAA)

Teknologi Informasi atau disingkat TI dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan teknologi yang digunakan untuk pemrosesan data. ruang lingkup pengertiannya sangat luas, yaitu tentang segala aspek manjemen dan sistem pemrosesan informasi secara tepat dan mudah dalam hal penggunaan komputer  dan perangkat lunak untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses, mentransfer, melihat, dan informasi terlepas dari ruang dan waktu.




 Komponen Teknologi Informasi
  • Hardware  
Perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi. Contohnya monitor, keyboard, mouse, printer, harddisk, memori, mikroprosesor, CD-ROM, kabel jaringan, antenna telekomunikasi, dan lain-lain.
 

  • Software

Perangkat lunak disini merupakan program yang dibuat untuk keperluan khusus. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga; perangkat lunak sistem, perangkat lunak bahasa pemrograman, dan perangkat lunak aplikasi.

  • Brainwaware
Pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Tanpa komponen ini perangkat keras dan perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa.
Perangkat Teknologi Informasi

Pada artikel Pengantar Teknologi Informasi ini sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai perangkat informasi teknologi yang digunakan informasi teknologi, ini mengacu pad perangkat keras , perangkat lunak dan sistem telekomunikasi yang digunakan didalam manajement dan pembrosesan informasi.
Peralatan komputer seperti unit prosesor pusat (CPU), memori (RAM), hard  disk (HHD), Input Device, Output Device, dan perangkat lunak seperti sistem operasi komputer yang pupuler termasuk Linux, UNIX, Mac OS dan Windows dan Aplikasi Produktivitaskantor seperti OpenOffice atau Microsoft Office dan perangkat lunak jaringan komputer dan Internet seperti Aplikasi SIM (Sistem Informasi Managemen), browser (Mozilla, Netscape, Navigator, Safari dan Internet Explorer) memiliki peran penting dalam teknologi informasi,
Sistem Telekomunikasi merupakan komponen yang sangat penting setelah perangkat keras dan perangkat lunak karena sistem merupakan dan jembatan yang menghubungkan semua sistem jaringan kamputer dan sistem telekomunikasi  di seluruh dunia seperti internet, satelit, dan sistem telepon, semua ini merupakan kombinasi beberapa teknologi seperti.


  • Protokol / arsitektur telekomunikasi - TCP / IP, OSI dan SNA, dll
  • Teknologi telekmunikasi / jaringan - ATM, X.25, Frame Relay, broadband, GSM, CDMA, ADSL, dll
  • Teknologi media pengiriman - kabel tembaga, fiber optik micro, wave, WiFi, Radio, dan satelit.

Informasi merupakan bentuk olahan data mentah, adalah sesuatu yang sanagat berharga dalam kehidupan anda di dunia saat ini. seseorang memiliki hak menggunakan setiap jenis informasi dan pada saat yang tepat, dengan teknologi informasi dan meningkatkan ketergantungan kita pada mesin, namun menjadikan hidup jauh lebih mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar